Or signin with Logo Abatasa
Forgot password?
Belum Jadi Member
Daftar Sekarang
Konsultasi Syariah » Lainnya » Ulang Tahun dan Sedekah Ke Panti Asuhan
Ustadz Aang Asy'ari, Lc
 
Konsultasi Syariah bersama Ustadz Aang Asy'ari, Lc
Direktur Eksekutif Aswaja Center & Dosen UNISA Kuningan

Kirim Pertanyaan

Ulang Tahun dan Sedekah Ke Panti Asuhan
Pertanyaan : Bismillah.. Assalamu`alaikum ustadz,mau nanya nih...bagaimanakah hukumnya memberi sedekah ke panti asuhan dalam rangka hari ulang tahun anak??? jazakumullah khairan katsiran atas jawabannya
Jum'at, 08 Agustus 2014 09:19 WIB |

Jawaban : Wa`alaikum Salam Wr. Wb.

Berbuat baik pada yatim, diantaranya dengan memberikan sedekah kepada mereka adalah perbuatan yang sangat mulia. Dari Sahl bin Sa`ad RA dia berkata: Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam bersabda,

« » 

"Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini", kemudian beliau shallallahu `alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu `alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya.

Hadits yang agung ini menunjukkan besarnya keutamaan dan pahala orang yang memperhatikan dan meyantuni anak yatim. Tokoh hadis papan atas, Imam Bukhari mencantumkan hadits ini dalam bab: keutamaan orang yang mengasuh anak yatim.

Sebelum menjawab pertanyaan, saya akan menjelaskan sekilas untuk hukum perayaan ulang tahun. Dalam menyikapi masalah ini ulama terbagi dua:

Pertama,  membolehkan dengan alasan ulang tahun bukanlah ibadah ritual, ia dikategorikan mu`amlah. kaidah dasar dari masalah muamalah adalah boleh, selama tidak ada nash yang secara tegas melarangnya. karena "al-ashlu fil mu`malah al-ibahah (Kaidah pokok dalam mu`malah itu boleh - selamat tidak bertantangan dengan syari`ah)."

Adapun tuduhan bahwa tradisi ulang tahun itu tasyabuh dengan orang kafir sesuai dengan hadis baginda Rasululullah SAW:



Siapa yang menyerupai suatu kaum maka dia termasuk bagian dari kaum itu (HR. Abu Daud )

menurut kami kurang tepat karena tidak semua yang dilakukan oleh orang kafir haram dikerjakan/ditiru kita. Hadis di atas dibatasi cakupannya hanya hanya pada peribadatan saja. Adapun yang terkait dengan muamalah, selama tidak ada nash yang langsung melarangnya, hukumnya tidak apa-apa bila kebetulan terjadi kesamaan.

Kedua, sebagian ulama lain mengharamkan dengan alasan menyerupai tradisi kafir dan dalam prakteknya suka terjadi hal-hal yang diharamkan Islam.

Saya pribadi cenderung pada pendapat yang pertama yang menyatakan boleh tapi kita juga harus memperhatikan hal-hal dari para ulama kita yang mengharamkan perayaan ulang tahun. Untuk itu dalam perayaan ulang tahun harus diperhatikan hal-hal berikut ini:

1.      Usahakan nyanyian diganti dengan shalawatan atau khataman al-Qur`an

2.      Tradisi-tradisi yang terkesan maksiat dan hura-hura harus dihindari

3.      Jadikan tradisi ini untuk menyadarkan pada anak kita bahwa dia harus semakin baik dan bertakwa kepada Allah SWT. Karena sejatnya ulang tahun adalah peringatan bahwa jatah umur kita semakin berkurang

4.      Akan lebih baik kalau budget yang sedianya untuk pesta ulang tahun disumbangkan kepada yang membutuhkan, termasuk disumbangkan ke yayasan panti asuhan.

Dengan penuturan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa bersedakah ke panti asuhan dalam rangka merayakan ulang tahun diperbolehkan. Wallahu a`lam.





Al-Qur'an Online

Anda juga bisa menggunakan navigasi berdasarkan surat yang telah disediakan dibawah ini:

Audio Ceramah
Zina Menghapus Rezeki
KH. Yusuf Mansyur Zina Menghapus Rezeki
Rahasia Tenang Dunia Akhirat
K.H Abdullah Gymnastiar Rahasia Tenang Dunia Akhirat
Kun Fayakun
KH. Yusuf Mansyur Kun Fayakun
connect with abatasa