Or signin with Logo Abatasa
Forgot password?
Belum Jadi Member
Daftar Sekarang
Konsultasi Syariah » Lainnya » Bertemu dan Melihat Allah SWT di Dunia
Ustadz Aang Asy'ari, Lc
 
Konsultasi Syariah bersama Ustadz Aang Asy'ari, Lc
Direktur Eksekutif Aswaja Center & Dosen UNISA Kuningan

Kirim Pertanyaan

Bertemu dan Melihat Allah SWT di Dunia
Pertanyaan : Assalamu`alaikum. Wr. Wb. Assalamu`alaikum Ustadz. Bagaimana menurut Al Qur`an dan Sunnah apabila ada orang mengatakan bahwa dia sering berjumpa melihat dengan Allah dan bahkan sering mendapatkan ilmu langsung dari-Nya? Sekian, Salam.
Selasa, 26 Agustus 2014 10:37 WIB |

Jawaban : Wa`alaikum Salam Wr. Wb.

Perdebatan seputar apakah mungkin kita melihat Allah SWT di dunia, baik dalam keadaan terjaga atau hanya mimpi, juga kemungkinan melihat Allah SWT di akhirat terjadi perbedaan pendapat diantara para ulama.

Karena khawatir salah faham dalam mencerna penjelasan penulis, maka langsung saja saya jawab pada inti pertanyaannya: bahwa secara akal dimungkinan melihat Allah SWT di dunia maupun di akhirat karena Allah SWT adalah dzat maujud dan setiap yang wujud dimungkinkan secara akal untuk dilihat. Tetapi dalam prakteknya, menurut para ulama berdasarkan atas kajian terhadap beberapa ayat dan teks hadis disimpulkan, satu-satunya orang yang pernah melihat Allah SWT di dunia hanya baginda Rasulullah SAW. Selain baginda Rasulullah tidak pernah dan tak akan pernah melihat Allah SWT.

Adapun ada beberapa teks sejarah yang menjelaskan bahwa imam-imam besar dan beberapa ulama saleh pernah melihat Allah SWT di dunia, maka perlu dilakukan cek and ricek kembali betulkan itu pernyataan dari beliau-beliau atau hanya pendapat yang dinisbahkan kepada beliau, tetapi sejatinya beliau tidak berkata seperti itu.

Diantara para ulama ada yang berpendapat bahwa ulama telah ijma`/sepakat meskipun secara akal mungkin untuk melihat Allah SWT di dunia, tapi secara faktual tidak akan pernah terjadi kecuali pada baginda Rasulullah SAW.

Dari penuturan ini, apabila ada orang yang mengaku-ngaku melihat/bertemu Allah SWT itu adalah bohong dan ilmu atau ajaran-ajaran yang dia klaim berdasarkan langsung dari Allah SWT juga otomatis bohong. Wallahu `alam





Al-Qur'an Online

Anda juga bisa menggunakan navigasi berdasarkan surat yang telah disediakan dibawah ini:

Audio Ceramah
Zina Menghapus Rezeki
KH. Yusuf Mansyur Zina Menghapus Rezeki
Rahasia Tenang Dunia Akhirat
K.H Abdullah Gymnastiar Rahasia Tenang Dunia Akhirat
Kun Fayakun
KH. Yusuf Mansyur Kun Fayakun
connect with abatasa