Or signin with Logo Abatasa
Forgot password?
Belum Jadi Member
Daftar Sekarang
Pustaka » Bahasa Arab » » Arti Isnad Khoobary
Arti Isnad Khoobary
Selasa, 00 0000
Tulisan Terkait

Artinya :

"Isnad khobary menurut para Ulama, ialah menghukumi dengan salab (nafi) atau (isbat). Adapun tujuan mukhotib/mutakallim ialah memberi faedah kepada pendengar akan zat hukum atau memberitahu bahwa pembicarapun mengetahuinya".

Contoh :

1. Ijab, seperti :

 

2. Salab, seperti :

 

3. Memberi tahu kepada orang yang tidak tahu atau memberi tahu bahwa mutakallim pun mengetahui, seperti :

 

Artinya :

"Maksud yang pertama (ifadah-sami') ialah faidatul-khabar, (dengan maksud pendengar mengerti dengan berita itu) dan yang kedua lazimul-khobar menurut orang-orang yang berakal".

(Sebab setiap pembicaraan itu memberi pengertian akan sesuatu hukum; berarti mengandung pengertian bahwa seolah-olah memberi tahu bahwa diapun mengetahuinya dan tidak sebaliknya, yaitu setiap memberi pengertian bahwa dia itu mengetahui akan sesuatu hukum, memberi pengertian pula akan adanya hukum itu, sebab mungkin saja adanya hukum itu telah sama-sama diketahui sebelum diberitakan oleh mutakallim tersebut.

Kalau dalam bahasa Sunda dikatakan : ngabejaan bulu tuur = memberitahu orang sudah tahu.

 

Artinya :

"Dan kadang-kadang diperlukan seperti orang bodoh saja, yaitu bagi mukhothob (yang mengerti) kalau ia tidak mengamalkan ilmunya".

 

Artinya :

"Seperti kata kita kepada orang 'alim yang lupa kepada Tuhan: Zikir itu merupakan kumci bagi pembuka pintu kehadirat Allah SWT".

Atau seperti: Sholat itu hukumnya wajib; yang diucapkan kepada orang yang meninggalkannya, padahal diapun mengetahui akan wajibnya.

Perlu diketahui, bahwa dengan contoh tersebut di atas mengandung pengertian bahwa zikir itu merupakan satu-satunya cara untuk mendekatkan diri setiap hamba kepada Tuhan dan orang yang sudah sampai ke hadirat Allah, ialah orang yang sudah mampu fana' kepada Allah, sehingga tiadalah yang ia ingatkan melainkan Allah dan terlupakanlah dari hatinya seluruh alam yang ada ini, bahkan kepada dirinya pun dia tidak ingat, sebab sudah sangat mahabbah atau sangat takutnya oleh Allah.







comments powered by Disqus
Al-Qur'an Online

Anda juga bisa menggunakan navigasi berdasarkan surat yang telah disediakan dibawah ini:

Audio Ceramah
Zina Menghapus Rezeki
KH. Yusuf Mansyur Zina Menghapus Rezeki
Rahasia Tenang Dunia Akhirat
K.H Abdullah Gymnastiar Rahasia Tenang Dunia Akhirat
Kun Fayakun
KH. Yusuf Mansyur Kun Fayakun
connect with abatasa