Or signin with Logo Abatasa
Forgot password?
Belum Jadi Member
Daftar Sekarang
Pustaka » Fiqih » Ilmu Fiqih » Cara Solat Tashbih
Cara Solat Tashbih
Cara sholat tasbih, sebenarnya sama prakteknya dengan mengerjakan sholat sunat pada umumnya. Yang jadi perbedaan bisa dilihat dari nama sholatnya itu sendiri yaitu pembacaan lafadz tasbih pada bagian-bagian tertentu dalam sho
Selasa, 11 Agustus 2015
Cara Solat Tashbih
Tulisan Terkait

Cara sholat tasbih, sebenarnya sama prakteknya dengan mengerjakan sholat sunat pada umumnya. Yang jadi perbedaan bisa dilihat dari nama sholatnya itu sendiri yaitu pembacaan lafadz tasbih pada bagian-bagian tertentu dalam sholat yang jumlahnya mencapai 300 kali.

Hukum sholat  tasbih
Mayoritas ulama fiqih dari mazhab Syafi’i menyatakan bahwa shalat tasbih ini sunat dikerjakan. Sedangkan mazhab lain ada yang berpendapat bahwa hukumnya sampai derajat boleh dan tidak sunat dengan alasan haditnya dhaif.

Waktu dan jumlah rakaat
Tidak ada ketentuan khusus kapan dan sebab shalat tasbih ini dilaksanakan, asalkan tidak dikerjakan pada waktu yang terlarang saja. Waktu yang terlarang melaksanakan shalat sunat adalah setelah shalat ashar dan setelah subuh. Hanya dianjurkan kita bisa melaksanakan shalat tasbih ini minimal satu kali sehari, jika tidak mampu bisa seminggu sekali utamanya pada hari Jumat. Kalau tidak mampu juga, lakukan sebulan sekali saja dan kalau pun tidak mampu, lakukan setahun sekali. Itulah kenapa sebagian para ulama memanfaatkan malam nisfu sya’ban sebagai moment untuk mengingatkan melaksanakan sholat tasbih khususnya pada kaum awam, masa satu tahun sekali saja tidak melaksanakan sholat tasbih pun.

Adapun jumlah rakaat sholat tasbih adalah 4 rakaat. Jika dikerjakan pada malam hari, maka hendaknya dilaksanakan 2 rakaat-2 rakaat. Tapi jika dilaksanakan pada siang hari, lakukanlah 4 rakaat sekaligus dengan satu salam, bisa dengan satu tasyahud atau bisa juga dua tasyahud seperti halnya sholat zhuhur.
Cara melakukan sholat tasbih
Seperti biasa, setiap melaksanakan sholat harus didahului dengan niat. Untuk niat sholat tasbih, selain niat di dalam hati yang wajib dilakukan, juga sebagian besar ulama fiqih mensunatkannya sambil membaca lafadz niat sholat tasbih. Ini dia lafadz niatnya :

Niat shalat sunat tasbih 2 rakaat :

أصلى سنة التسبيح ركعتين لله تعالى


Ushallii sunnatat tasbiihi rak’ataini lillaahi ta’aalaa.
Niat shalat sunnah tasbih dua rakaat karena Allah.

Niat shalat sunat tasbih 4 rakaat :

أصلى سنة التسبيح اربع ركعات لله تعال


Ushallii sunnatat tasbiihi arba’a raka’aatil lillaahi ta’aalaa.
Niat shalat sunnah tasbih empat rakaat karena Allah.

Selanjutnya setelah takbiratul ihram, langsung membaca iftitah, fatihah,dan surat pendek. Surat pendek yang dibaca dari rakaat 1-4 adalah At Takatsur, Al ’Ashr, Al Kafirun dan Al Ikhlash. Setelah membaca surat pendek sebelum ruku’, membaca tasbih terlebih dahulu sebanyak 15 kali. Kemudian ruku’ dan membaca dzikir ruku biasanya lalu membaca tasbih 10 kali. Selanjutnya i’tidal serta doanya lalu membaca tasbih 10 kali. Dilanjutkan dengan sujud pertama dan bacaanya lalu membaca tasbih 10 kali. Seterusnya duduk antara dua sujud dan doanya lalu tasbih 10 kali. Lalu sujud ke dua serta doanya lalu membaca tasbih 10 kali. Ketika akan berdiri menuju rakaat ke dua, duduk istirahat dulu dan membaca tasbih 10 kali. Ketika akan berdiri dari duduk istirahat, kita tidak usah membaca takbir lagi, karena tadi sudah dibaca ketika bangkit dari sujud ke dua menuju duduk istirahat. Begitulah seterusnya sampai rakaat ke empat. Kecuali pada rakaat ke empat, tasbih yang terakhir dibaca sebanyak 10 kali pada saat setelah membaca tasyahud sebelum salam. Jadi total tasbih yang dibaca adalah 300 kali.

Bacaan tasbih yang dibaca adalah :

سبحان الله والحمد لله ولا اله إلا الله الله اكبر

Subhaanallaahi wal hamdu lillaahi wa laailaaha illallaahu wallaahu akbar.
Maha suci Allah, segala piji bagi Allah, tiada tuhan selain Allah dan Allah Maha Besar.

Keutamaan shalat tasbih
Dala sebuah hadits riwayat ’Akramah menyatakan bahwa orang yang melaksanakan 4 rakaat shalat tasbih, maka dia akan diampuni dosanya yang telah lampau dan yang saat ini baik yang disengaja maupun yang tak disengaja, baik dosa yang terlihat maupun dosa yang samar.







comments powered by Disqus
Al-Qur'an Online

Anda juga bisa menggunakan navigasi berdasarkan surat yang telah disediakan dibawah ini:

Audio Ceramah
Zina Menghapus Rezeki
KH. Yusuf Mansyur Zina Menghapus Rezeki
Rahasia Tenang Dunia Akhirat
K.H Abdullah Gymnastiar Rahasia Tenang Dunia Akhirat
Kun Fayakun
KH. Yusuf Mansyur Kun Fayakun
connect with abatasa