Or signin with Logo Abatasa
Forgot password?
Belum Jadi Member
Daftar Sekarang
Pustaka » Fiqih » Mu`amalah » Laqithoh
Laqithoh
Kebaikan yang akan diterima oleh seseorang yang memelihara anak ini, diterangkan dalam firman Allah SWT. "Barang siapa memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan semua manusia." ...
Jum'at, 14 Oktober 2011
Tulisan Terkait

Anak kecil yang hilang tanpa diketahui penanggung jawabnya, baik orang-tua maupun sanak kerabatnya disebut laqithoh. Hukum memungut anak tersebut fardhu kifayah, dengan ketentuan harus merawat dan mendidiknya. Apabila tidak sanggup harus menitipkannya kepada orang mampu yang dapat dipercaya dan adil.

Kebaikan yang akan diterima oleh seseorang yang memelihara anak ini, diterangkan dalam firman Allah SWT. "Barang siapa memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan semua manusia." (QS. 5/Al-Maidah: 32).

Perihal nafkahnya, apabila anak tersebut ternyata membawa harta, maka dihidupi dengan hartanya sendiri. Akan tetapi jika tidak, belanjanya diambilkan dari Baitul Mai. Jika dari Baitul Mai tidak teratur, maka menjadi tanggungan umat Islam yang mampu. "Dan tolong-menolonglah kamu dalam mengerjakan kebajikan dan takwa." (QS. 5/Al-Maidah 2).







comments powered by Disqus
Al-Qur'an Online

Anda juga bisa menggunakan navigasi berdasarkan surat yang telah disediakan dibawah ini:

Audio Ceramah
Zina Menghapus Rezeki
KH. Yusuf Mansyur Zina Menghapus Rezeki
Rahasia Tenang Dunia Akhirat
K.H Abdullah Gymnastiar Rahasia Tenang Dunia Akhirat
Kun Fayakun
KH. Yusuf Mansyur Kun Fayakun
connect with abatasa