Or signin with Logo Abatasa
Forgot password?
Belum Jadi Member
Daftar Sekarang
Pustaka » Fiqih » Nikah » Walimah ( Resepsi )
Walimah ( Resepsi )
Walimah, orang akan segera menafsirkan walimatul ursi (walimah pengantin). Maksudnya pesta pernikahan sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat Allah SWT berupa berlangsungnya akad nikah.
Jum'at, 22 Juni 2012
Walimah ( Resepsi )

Bila disebut walimah, orang akan segera menafsirkan walimatul ursi (walimah pengantin). Maksudnya pesta pernikahan sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat Allah SWT berupa berlangsungnya akad nikah. Hukum walimah ini sunnah muakkad. Pelaksanaannya hendaklah sebatas kemampuan. Sebab Islam mencegah melakukan sedekah semacam itu dengan memaksakan diri, misalnya dengan mencari hutang, karena hal itu memberatkan. Selain itu harus disadari, daripada uang dihambur-hamburkan hanya untuk selamatan, lebih baik digunakan untuk keperluan yang lebih bermanfaat. Misalnya untuk mengontrak rumah atau membeli perabotan rumah tangga. Sebab pengantin baru harus memulai kehidupan dari awal dan semua itu memerlukan banyak uang.

Ada beberapa hadits yang menerangkan masalah walimatul ursi

ini.

1.    Anas bin Malik ra. berkata: "Aku tidak melihat Rosulullah saw membuat walimah untuk istri-istri beliau seperti walimah yang diselenggarakan untuk istri yang bernama Zainab. Beliau waktu itu memotong seekor kambing." (HR. Muslim).

2.    Shofiyah binti Syaibah ra. berkata, "Rosulullah telah membuat walimah untuk sebagian istri-istri beliau dengan dua mud (1 mud = 6 ons) dari syair (tepung jagung)." (HR. Muslim).

3.    Muhammad Rosulullah saw. bersabda. "Kalau di antara kamu diundang (walimah), maka datanglah. Jika kamu berpuasa, maka doakanlah dan apabila kamu tidak sedang berpuasa, maka makanlah." (HR. Muslim).

4.    Muhammad Rosulullah saw. bersabda. "Sejelek-jelek jamuan adalah jamuan walimah di mana yang diundang hanya orang-orang kaya, sedangkan orang-orang miskin dilupakan. Barangsiapa tidak mendatangi undangan yang tidak seperti itu, maka berarti ia mendurhakai Allah dan rosul-Nya." (HR. Muslim).



Anda akan menikah? buat website pernikahan anda yang dapat anda gunakan untuk undangan online atau informasi pernikahan anda, Gratis hanya di WebNikah.com.
Atau anda mempunyai bisnis dan usaha dalam layanan wedding seperti wedding organizer, Fotografi, Makeup atau fotografi, Gabung juga sebagai Vendor di Webnikah.com dan promosikan layanan anda. Daftarkan Wedding Service anda di Vendor WebNikah.com







comments powered by Disqus
Al-Qur'an Online

Anda juga bisa menggunakan navigasi berdasarkan surat yang telah disediakan dibawah ini:

Audio Ceramah
Zina Menghapus Rezeki
KH. Yusuf Mansyur Zina Menghapus Rezeki
Rahasia Tenang Dunia Akhirat
K.H Abdullah Gymnastiar Rahasia Tenang Dunia Akhirat
Kun Fayakun
KH. Yusuf Mansyur Kun Fayakun
connect with abatasa