Or signin with Logo Abatasa
Forgot password?
Belum Jadi Member
Daftar Sekarang
Pustaka » Hikmah » » Perempuan Memiliki Fisik yang Kuat I
Perempuan Memiliki Fisik yang Kuat I
Siapa bilang perempuan makhluk lemah dan hina? Faktanya, perempuan adalah makhluk hebat, kuat, dan istimewa.
Rabu, 19 Maret 2014

Siapa bilang perempuan makhluk lemah dan hina? Faktanya, perempuan adalah makhluk hebat, kuat, dan istimewa. Paling tidak, ada tiga argumentasi yang bisa dikemukakan untuk menunjukkan bahwa perempuan adalah makhluk hebat dan istimewa, yaitu:

Pertama, landasan teologis. Ada banyak landasan teologis, baik dari AI-Qur`an maupun hadits Nabi, yang menjelaskan bahwa perempuan adalah makhluk hebat. Di antaranya firman Allah SWT yang berbunyi, "Sungguh, kudapati ada seorang perempuan yang memerintah kaumnya dan dia dianugerahi segala sesuatu serta memiliki singgasana yang besar." (QS. An-Naml [27]: 23). Demikian pula dalam sebuah haditst, Rasulullah Saw pernah bersabda, "Pada perang Uhud, setiap saya mena/eh ke kiri dan ke kanan, saya melihat (ada perempuan) yang berperang melindungi saya." (HR. Ibnu Sa`ad dari Umar ibnu Khattab).

Kedua, data  historis. Tidak sedikit data historis yang menyuguhkan sosok-sosok perempuan hebat yang hidup pada masa Nabi, sahabat, dan tabi`in. Mereka di antaranya adalah; Khadijah binti Khuwailid, pebisnis ulung dan kaya raya; Aisyah binti Abu Bakar, ilmuwan muda, cantik dan cerdas; Zainab binti Jahs, penyamak kulit binatang; Qillat Ummi Bani Amar, wiraswasta sukses; al-Shifa, sekretaris pasar Madinah; Nusaibah, pahlawan perang; Umm al-Hasan Qadi Abi Ja`far al-Tanjali, dokter perempuan yang berpengetahuan luas, dan lainnya.

Ketiga, realitas empiris. Sangat banyak realitas empiris yang menampilkan figur perempuan hebat dan sukses dalam berbagai bidang kehidupan, ada yang menjadi kepala negara, pengusaha, dokter, astronom, guru, ahli hukum, dan disiplin keilmuan lainnya. Termasuk dalam realitas empiris adalah banyak penemuan mutakhir/modern yang membuktikan bahwa perempuan adalah makhluk hebat.

1. Perempuan Memiliki Fisik yang Kuat

Secara kodrat, laki-laki dan perempuan memiliki struktur biologis yang berbeda (distinction). Namun perbedaan fisik itu jangan sampai melahirkan pembedaan (discrimination) bahwa laki-laki makhluk kuat dan perempuan makhluk lemah. Sebab Allah telah menciptakan laki-laki dan perem puan dengan kelebihan masing-masing.

Adalah hak Allah untuk menciptakan segala sesuatu dengan kadarnya masing-masing. Laki-laki memiliki keung gulan biologisnya sendiri. Demikian pula dengan perem puan. Perputaran zaman tidak akan pernah membuat perempuan menyamai laki-laki. Begitu juga sebaliknya. Perempuan tetaplah perempuan dengan segala kelebihan dan kekuatannya, termasuk dalam hal  fisik. Dan inilah bukti  bahwa perempuan memiliki fisik yang kuat.

Pertama, perempuan mengandung (hamil). Sudah menjadi ketetapan Allah (sunatullah) bahwa setiap perempuan yang normal dan telah menikah akan mengalami masa kehamilan. Kenapa perempuan hamil, semua orang tahu. Bagaimana tanda-tanda kehamilan, banyak juga yang tahu. Tapi apa yang dirasakan perempuan hamil, hanya sedikit saja yang tahu. Selama ini banyak orang yang membicarakan alangkah beruntungnya menjadi perempuan hamil, karena dia akan dilayani semua orang. Tapi jarang sekali mereka yang memperbincangkan bagaimana sakitnya tubuh/fisik perempuan saat hamil.

Syaikh Adnan Ath-Tharsyah (2003:163-164) dalam bukunya Kaifa Takwinina Najihatan wa Mahbubatan, menjelaskan bahwa ketika hamil, perempuan mengalami berbagai rasa sakit pada bagian-bagian tertentu dari tubuhnya, yaitu: (1) pembengkakan pada rahim; (2) pembengkakan dan sakit pada payudara; (3) mengalami mual dan muntah dengan intensitas tinggi; (4) perubahan detak jantung dan organ sirkulasi darah; (5) mengalami kerapuhan tulang dan gigi; (6) sering terjadi infeksi pada saluran kencing; (7) keluarnya cairan vagina; (8) muncul bercak merah yang mirip bisul di bagian bawah perut; (9) merasa tersengat atau terbakar pada bagian bawah dada; (10) perut menjadi kembung; (11) mengalami sembelit dan wasir; (12) nyeri pada kedua betis; (13) sakit pada bagian punggung; (14) sesak napas, dan; (15) susah tidur.  (bersambung...)







comments powered by Disqus
Al-Qur'an Online

Anda juga bisa menggunakan navigasi berdasarkan surat yang telah disediakan dibawah ini:

Audio Ceramah
Zina Menghapus Rezeki
KH. Yusuf Mansyur Zina Menghapus Rezeki
Rahasia Tenang Dunia Akhirat
K.H Abdullah Gymnastiar Rahasia Tenang Dunia Akhirat
Kun Fayakun
KH. Yusuf Mansyur Kun Fayakun
connect with abatasa