Or signin with Logo Abatasa
Forgot password?
Belum Jadi Member
Daftar Sekarang
Pustaka » Hikmah » » Perempuan Memiliki Kecerdasan Finansial
Perempuan Memiliki Kecerdasan Finansial
Kita sering mendengar mengenai kegagalan banyak orang untuk menjadi kaya, padahal mereka gigih mengejarnya dan bekerja siang malam tanpa henti sepanjang hidup-nya untuk mengumpulkan pundi-pundi uang. Salah satu penyebabnya...
Rabu, 02 Juli 2014

Kita sering mendengar mengenai kegagalan banyak orang untuk menjadi kaya, padahal mereka gigih mengejarnya dan bekerja siang malam tanpa henti sepanjang hidup-nya untuk mengumpulkan pundi-pundi uang. Salah satu penyebabnya adalah karena mereka tidak memiliki kecerdasan finansial (financial quotient).

Financial Quotient (FQ) adalah konsep kecerdasan aplikatif. Inti dari FQ adalah kemampuan seseorang untuk melakukan pembedaan terhadap segala sesuatu yang berhubungan dengan uang, baik secara teori maupun praktik, sehingga dapat mendayagunakan seluruh potensi kecerdasan otak, kecerdasan perasaan, kecerdasan spiritual, dan kecerdasan fisik untuk mendapatkan, mendayagunakan, dan mengelola uang sesuai dengan kebutuhan. Dengan kata lain, FQ adalah kemampuan seseorang untuk mendayagunakan dirinya dalam mendapatkan dan mengelola uang (Iman Supriyono, 2007: 83).

Kecerdasan finansial dibutuhkan agar seseorang tidak terjebak dalam dua kutub permasalahan keuangan yaitu kekurangan uang atau kelebihan uang. Pada kutub kekurangan uang, seseorang selalu disibukkan dengan per-masalahan-permasalahan mencari uang. Sementara itu, kutub kelebihan uang menjadikan seseorang tidak bisa mendapatkan kebahagiaan dengan uang yang melimpah.

Berdasarkan hasil penelitian The Strategic Finance Consulting, perempuan pada umumnya memiliki kecerdasan finansial yang lebih baik dibandingkan dengan laki-laki. Tak heran jika perempuan lebih pandai dalam mengelola keuangan. Sebagai bukti, cobalah perhatikan ibu kita ketika berbelanja di pasar untuk membeli kebutuhan dapur. Meskipun ia membawa uang pas-pasan, namun tetap saja ia bisa mendapatkan semua kebutuhan dapurnya. Hal itu disebabkan karena ibu kita sangat pandai dalam mengatur penggunaan uangnya. Tapi cobalah berikan uang yang pas-pasan tadi kepada ayah kita untuk berbelanja keperluan dapur, pasti ia kesulitan mengaturnya.

Perempuan juga pandai melakukan efesiensi dalam penggunaan uang. Meskipun ada beberapa perempuan yang boros, namun pada umumnya perempuan akan berpikir seribu kali untuk membeli sesuatu yang tidak dibutuhkannya, atau perempuan akan sangat hati-hati dalam membelanjakan uangnya. Kenapa hal itu bisa terjadi? Penyebabnya adalah karena perempuan memiliki kecerdasan finansial yang tinggi, sehingga ia dapat mengenali dan melakukan pembedaan terhadap segala sesuatu mengenai uang, baik secara kognisi maupun praktik.

Bukti lain bahwa perempuan memiliki kecerdasan finansial adalah karena perempuan lebih senang menabung ketimbang laki-laki. Sebuah bank nasional ternama di negeri ini pernah mengadakan small scale research mengenai profil nasabahnya dilihat dari jenis kelamin dan motivasi mereka menabung. Ternyata 87% yang menjadi nasabahnya adalah kaum perempuan. Demikian pula motivasi seseorang untuk menabung rata-rata karena dorongan kaum perempuan, seperti anak yang menabung karena disuruh ibunya, atau suami yang menabung karena dirayu oleh istrinya. Dan sangat jarang, istri menabung karena disuruh suaminya.

Perempuan juga sangat senang berinvestasi. Rata-rata perempuan tidak merasa nyaman memiliki uang dalam jum-lah besar tersimpan di rumahnya atau di bank. la akan senang apabila dapat menggunakan uangnya untuk investasi masa depan, seperti dengan membeli emas. Perempuan sering menjadikan emas sebagai investasi karena diyakini harga emas akan terus naik dan tidak terpengaruh oleh perubahan kurs rupiah atau dollar.

Dari paparan di atas, kita dapat memahami bahwa ternyata perempuan makhluk yang sangat hebat dalam mengatur keuangan. Oleh karena itu, jika kaum laki-laki (suami) bermimpi menjadi orang kaya, alangkah baiknya jika dia melibatkan kaum perempuan (istri) untuk mengelola keuangannya, sebab sudah terbukti perempuan memiliki kecerdasan finansial yang tinggi daripada laki-laki.







comments powered by Disqus
Al-Qur'an Online

Anda juga bisa menggunakan navigasi berdasarkan surat yang telah disediakan dibawah ini:

Audio Ceramah
Zina Menghapus Rezeki
KH. Yusuf Mansyur Zina Menghapus Rezeki
Rahasia Tenang Dunia Akhirat
K.H Abdullah Gymnastiar Rahasia Tenang Dunia Akhirat
Kun Fayakun
KH. Yusuf Mansyur Kun Fayakun
connect with abatasa