Or signin with Logo Abatasa
Forgot password?
Belum Jadi Member
Daftar Sekarang
Pustaka » Hikmah » » Perempuan Mempunyai Kepandaian Merawat Diri
Perempuan Mempunyai Kepandaian Merawat Diri
Perempuan terkenal sebagai makhluk yang pandai merawat diri. Dan kepandaian perempuan dalam merawat diri ternyata `mengalahkan` laki-laki. Perempuan sangat sadar bahwa memelihara tubuh merupakan bagian dari perintah Allah, ..
Kamis, 17 Juli 2014

Perempuan terkenal sebagai makhluk yang pandai merawat diri. Dan kepandaian perempuan dalam merawat diri ternyata `mengalahkan` laki-laki. Perempuan sangat sadar bahwa memelihara tubuh merupakan bagian dari perintah Allah, yaitu menjaga kebersihan. Sedangkan menjaga kebersihan adalah bagian dari iman. Rasulullah saw bersabda, “Menjaga kebersihan itu separuh dari iman.” (HR. Muslim).

Islam telah memberikan perhatian yang sangat besar terhadap kebersihan dan kesucian diri, sekaligus mengajak umatnya untuk melakukannya. Bahkan Allah meme-
rintahkan Rasulullah saw untuk mengerjakannya. Pantas kalau Rasulullah saw bersabda, “Allah itu indah dan mencintai keindahan.” (HR. Ahmad).
Tampaknya tidak terlalu berlebihan jika kita harus mengakui bahwa perempuanlah yang paling pandai merawat dirinya. Kalau Anda tidak percaya, inilah beberapa buktinya:

1.    Perempuan lebih rapi mengenakan pakaian. Tentu saja, pakaian yang dikenakannya bersih dan serasi warnanya, sehingga penampilannya sedap dipandang mata. Sedangkan laki-laki, meskipun ada yang senang berpakaian rapi, namun pada umumnya cuek dengan urusan pakaian. Kecuekan laki-laki terhadap pakaian sebenarnya bukan hanya terjadi di zaman kita sekarang ini, tetapi sejak jaman Nabi pun sudah ada. Imam Ahmad dan Nasa`i meriwayatkan hadits dari Jabir r.a., ia bercerita, “Rasulullah pernah mengunjungi aku. Ketika beliau melihat seorang laki-laki lewat dengan mengenakan pakaian kumal dan kotor, beliau menegurnya, ‘Apakah kamu tidak mempunyai sesuatu untuk membersihkan dan merapikan pakaianmu’.” (HR. Ahmad dan Nasa’i).

2.    Perempuan lebih sering merawat rambut. Rambut bagi perempuan ibarat mahkota. Perempuan tidak senang dengan rambut yang kotor dan tidak terurus. Oleh karenanya perempuan sangat sering menyisir, memberi wewangian, dan memelihara rambutnya dengan baik. Sedangkan laki-laki pada umumnya membiarkan rambutnya berantakan/acak-acakan, kotor, dan bau. Kebiasaan baik perempuan merawat dan merapikan rambut sebenarnya sangat sesuai dengan sunah Rasulullah. Imam Qurthubi pernah meriwayatkan sebuah hadits yang bersumber dari Aisyah r.a., ia bercerita, “Pernah sekelompok sahabat menunggu Rasulullah di depan pintu rumah. Ketika beliau hendak keluar, beliau bercermin di air yang ada di dalam bejana di dalam rumah, seraya beliau merapikan rambut dan jenggotnya.” (HR. Ahmad). Dalam hadits lain Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa yang memiliki rambut, maka hendaklah ia menghormatinya (merawatnya).” (HR. Abu Daud).

3.    Perempuan sangat anti bau badan. Pada umumnya perempuan sangat senang memelihara kebersihan tubuhnya agar tidak bau badan, sedangkan laki-laki pada umumnya sangat cuek dengan pemeliharaan tubuh-nya, sehingga bau keringat dan tidak sedap dipandang. Padahal Rasulullah saw pernah bersabda, “Mandilah pada setiap hari dan berkeramaslah meskipun kau tidak dalam keadaan junub dan pakailah wewangian.” (HR. Tirmidzi). Dalam haditst lain disebutkan, “Mandilah pada hari Jum’at dan berkeramaslah meskipun kau tidak dalam keadaan junub, dan pakailah wewangian.” (HR. Bukhari).

4.    Perempuan lebih sering mencuci tangan. Federation Health International (FHI) pernah mengadakan penelitian mengenai kebiasan mencuci tangan sebelum makan dan tidur pada laki-laki dan perempuan. Hasilnya ternyata perempuan lebih sering mencuci tangan dibandingkan laki-laki. Mengenai mencuci tangan, Rasulullah pernah bersabda, “Barangsiapa tidur sedang di tangannya terdapat kotoran, lalu ia terkena sakit darinya maka janganlah ia mencela, kecuali mencela dirinya sendiri.” (HR. Abu Dawud).

5.    Perempuan lebih sering menyikat gigi sebelum tidur. Federation Health International (FHI) juga pernah melakukan penelitian mengenai kebiasaan menyikat gigi sebelum tidur kepada anak laki-laki dan perempuan, ternyata anak perempuan lebih sering menyikat gigi. Mengenai menyikat gigi, Rasulullah sangat mengan-jurkan sebagaimana ditegaskan dalam sabdanya, “Seandainya tidak memberatkan umatku, pasti aku suruh mereka untuk bersiwak setiap akan shalat.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Selain lima hal di atas, perempuan juga sangat pedu-li kesehatan dan keindahan bagian-bagian tertentu dari tubuhnya, sehingga ia selalu merawatnya, seperti selalu memperindah mulut dan bibir, ia selalu menghaluskan dan memutihkan kulit, selalu membersihkan leher, selalu mempercantik tangan, selalu merawat keindahan kaki, selalu memulihkan kulit yang pecah-pecah, selalu menangani jerawat, menghilangkan komedo, merawat payudara, membersihkan kemaluan, dan sebagainya.







comments powered by Disqus
Al-Qur'an Online

Anda juga bisa menggunakan navigasi berdasarkan surat yang telah disediakan dibawah ini:

Audio Ceramah
Zina Menghapus Rezeki
KH. Yusuf Mansyur Zina Menghapus Rezeki
Rahasia Tenang Dunia Akhirat
K.H Abdullah Gymnastiar Rahasia Tenang Dunia Akhirat
Kun Fayakun
KH. Yusuf Mansyur Kun Fayakun
connect with abatasa