Or signin with Logo Abatasa
Forgot password?
Belum Jadi Member
Daftar Sekarang
Ziarah Kubur
yeikh Imam Abu Muhammad bin Qudamah Al-Maqdisi menerangkan pada akhir bab jenazah dalam kitabnya Al-Mughni, bahwa membaca Al-Qur’an di kuburan itu diperbolehkan. Beliau mengutip pernyataan Imam Ahmad, "Jika kalian memasuki...
Rabu, 15 Februari 2012
Tulisan Terkait

Maksud utama ziarah (mengunjungi) kubur adalah mendoakan mayat dalam kubur yang diziarahi. Penziarah juga boleh mem­bacakan surat-surat tertentu dalam Al-Qur’an yang pahalanya dihadiahkan kepada mayat penghuni kubur tersebut. Syeikh Imam Abu Muhammad bin Qudamah Al-Maqdisi menerangkan pada akhir bab jenazah dalam kitabnya Al-Mughni, bahwa membaca Al-Qur’an di kuburan itu diperbolehkan. Beliau mengutip pernyataan Imam Ahmad, "Jika kalian memasuki kuburan, bacalah ayat kursi dan Al-Ikhlas (masing-masing) tiga kali, lalu nyatakan: ’Ya Allah, sesungguhnya pahalanya untuk para penghuni kubur ini."

Manfaat ziarah kubur itu agar kita ingat pada kematian. Abdullah bin Buroidah ra. mengungkapkan, Muhammad Rosulullah saw. bersabda, "Dulu aku melarang (kalian) berziarah kubur. Sekarang berziarahlah, karena itu akan mengingatkan kalian pada akhirat." (HR. Ahmad dan Muslim) Dulu Nabi Muhammad Rosulullah saw. melarang para sahabat berziarah kubur, karena masih dekatnya masa mereka dengan zaman Jahiliyah. Baru setelah mereka memahami ajaran Islam dengan baik, diizinkanlah mereka oleh syara’ untuk berziarah kubur.

Kalau Nabi Muhammad Rosulullah saw. saja memerintahkan umatnya agar berziarah kubur, mengapa kita harus melarangnya? Hal ini penulis pertanyakan karena sudah ada segelintir ustadz yang melarang keras umat Islam untuk berziarah ke makam para wali. Bahkan mereka berani memvonis ziarah ke makam wali itu bid’ah sesat. Jadi kalau ada orang yang melarang kita berziarah kubur, abaikan saja. Sebab dengan menziarahi kubur orang tua kita dan orang-orang yang berjasa terhadap pengembangan Islam tidak hanya membuat kita teringat akhirat. Melainkan juga akan menginspirasi dan memotivasi kita untuk lebih berani mendakwahkan Islam terutama kepada orang-orang yang belum beriman.

Etika berziarah kubur, antara lain.

  1. Sesampai di pintu makam ucapkanlah salam. Buroidah ra. menginformasikan, Muhammad Rosulullah saw. sering mengajarkan kepada para sahabat agar jika berziarah kubur mengucapkan: Assalaamu ’alaikum ahlad diyaari minal mukminiina wal muslimiina wa innaa insyaa Allaahu bikum Laachiquun. As alullaaha lanaa walakumul ’aafiyah (Salam sejahtera semoga terlimpahkan atas kalian wahai penghuni perkampungan orang-orang mukmin dan muslim, dan kami insya Allah akan menyusul kalian. Semoga Allah melimpahkan keselamatan kepada kami dan kepada kalian. " (HR. Muslim)
  2. Sesampai di makam yang dituju hendaklah memberi salam secara khusus: "Assalamu’alaika ... (sebut namanya)
  3. Jangan berjalan melangkahi kuburan
  4. Jangan duduk pada nisan makam; dan
  5. bacalah surat Yasin atau tahlil dan hadiahkan pahalanya kepada mereka, serta doakan agar penghuni kubur diampuni dosa- dosanya oleh Allah SWT.

******







comments powered by Disqus
Al-Qur'an Online

Anda juga bisa menggunakan navigasi berdasarkan surat yang telah disediakan dibawah ini:

Audio Ceramah
Zina Menghapus Rezeki
KH. Yusuf Mansyur Zina Menghapus Rezeki
Rahasia Tenang Dunia Akhirat
K.H Abdullah Gymnastiar Rahasia Tenang Dunia Akhirat
Kun Fayakun
KH. Yusuf Mansyur Kun Fayakun
connect with abatasa