Or signin with Logo Abatasa
Forgot password?
Belum Jadi Member
Daftar Sekarang
Pustaka » Sejarah » Nabi Muhammad SAW » Nama-Nama Nabi Muhammad SAW
Nama-Nama Nabi Muhammad SAW
Muhammad Rosulullah saw. adalah nabi terakhir yang diutus oleh Allah SWT. "Muhammad itu bukanlah bapak dari seseorang & antara kamu, tetapi dia adalah utusan Allah dan penutup para nabi. Dan Allah Mengetahui segala sesuatu...
Senin, 30 Desember 2013

Nabi Muhammad Rosulullah saw. memiliki beberapa nama. Muslim meriwayatkan, bahwa beliau bersabda: "A ku memiliki beberapa nama:
  • aku bernama Muhammad;
  • aku bernama Ahmad;
  • aku bernama Al-Machi (penumpas), dimana Allah menumpas kekafiran karena aku;
  • aku bernama chasyiir (pengumpul), dimana Allah mengum­pulkan manusia atas risalahku;
  • aku bernama Al-`Aqib (penutup), dimana tidak ada seorang nabi lagi sesudahku; dan
  • Allah memberiku pula nama Ro`uf (penyantun) dan Rochin (penyayang)." (HR. Muslim)
Muhammad Rosulullah saw. adalah nabi terakhir yang diutus oleh Allah SWT. "Muhammad itu bukanlah bapak dari seseorang & antara kamu, tetapi dia adalah utusan Allah dan penutup para nabi. Dan Allah Mengetahui segala sesuatu (QS. 33/Al-Ahzab: 40). Ayat ini menegaskan bahwa Nabi Muhammad saw. bukanlah bapak dari salah seorang sahabat, karena itu janda Zaid (bernama Zainab) dapat beliau nikahi.

Sebagai nabi dan rosul terakhir, Muhammad saw. tidak hanya diutus kepada segolongan umat seperti halnya nabi-nabi terdahulu melainkan untuk seluruh umat manusia. "Kami mengutus engkau (Muhammad) menjadi rosul kepada (seluruh) manusia. Dan cukuplah Allah yang menjadi saksi.`` (QS. 4/An-Nisa79)

Nabi Muhammad Rosulullah saw. terkenal memiliki kepribadian dan jiwa kepemimpinan yang terpuji. Hal itu telah diungkapkan dalam ayat-ayat Al-Qur`an, antara lain: "Maka berkat rahmat Allah engkau (Muhammad) berlaku lemah-lembut terhadap mereka. Sekiranya engkau bersikap keras dan berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri  dari sekitarmu." (QS. 3/Alilmron: 159) "Sungguh, telah datang kepadamu seorang rosul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanku kamu alami, dia sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu penyantun dan penyayang terhadap orang-orang yang beriman." (QS.5 At-Taubah: 128)

Karena itu Allah SWT menegaskan, "Sungguh telah ada pada (diri) Rosulullah itu teladan yang baik bagimu, (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat serta banyak mengingat Allah." (QS. 33/Al-Ahzab 21) "Dan sesungguhnya engkau (Muhammad) benar-benar berbudi pekerti yang luhur," (QS. 68/`Al-Qolam 4) Allah SWT juga meninggikan namanya, "Kami tinggikan sebutan (nama)mu bagimu." (QS. 94/Al-Insyiroh: 4) Maksud ayat yang terakhr ini adalah, meninggikan derajat dan mengikutkan namanya dengan nama Allah dalam kalimat syahadat, serta menjadikan taat kepada nabi termasuk taat kepada Allah SWT.







comments powered by Disqus
Al-Qur'an Online

Anda juga bisa menggunakan navigasi berdasarkan surat yang telah disediakan dibawah ini:

Audio Ceramah
Zina Menghapus Rezeki
KH. Yusuf Mansyur Zina Menghapus Rezeki
Rahasia Tenang Dunia Akhirat
K.H Abdullah Gymnastiar Rahasia Tenang Dunia Akhirat
Kun Fayakun
KH. Yusuf Mansyur Kun Fayakun
connect with abatasa