Or signin with Logo Abatasa
Forgot password?
Belum Jadi Member
Daftar Sekarang
Pustaka » Sejarah » Sahabat-sahabat Rasulullah SAW » Hamzah bin Abdul Mutholib ra.
Hamzah bin Abdul Mutholib ra.
Sejak Rosulullah saw. meyebarkan agama Islam, sesungguhnya Hamzah telah mengakui kebenarannya. Akan tetapi kedudukannya sebagai tokoh Quraisy yang terpandang sempat membuatnya bimbang. Baru setelah mengetahui Nabi dihina...
Kamis, 29 Desember 2011

4,   Hamzah bin Abdul Mutholib ra.

Ia adalah paman Rosulullah saw. yang menjadi salah seorang tokoh muda Suku Bangsa Quraisy. Ia terkenal sangat cerdas, dan memiliki pendirian yang teguh.

Sejak Rosulullah saw. meyebarkan agama Islam, sesungguhnya Hamzah telah mengakui kebenarannya. Akan tetapi kedudukannya sebagai tokoh Quraisy yang terpandang sempat membuatnya bimbang. Baru setelah mengetahui Nabi dihina-hinakan segenap pemuka kaum kafir Quraisy, ia tergerak membelanya. Tidak lama kemudian ia pun menyatakan diri memeluk Islam dan membaktikan diri sepenuhnya pada Allah SWT. Sejak keislaman Hamzah orang-orang yang beriman mulai dihormati oleh orang-orang kafir Quraisy.

Hamzah sangat berjasa dalam Perang Badar dan Perang Uhud. Keberanian, kelincahan, dan keberingasannya di medan perang sangat mengagumkan. Maka pantaslah jika ia mendapat julukan "Singa Allah". Nama Hamzah kian semerbak sebagai syuhada dalam Perang Uhud oleh tombak Wahsyi, seorang budak suruhan Hindun binti ’Utbah, istri Abu Sufyan. Kelak di kemudian hari, Wahsyi memeluk Islam.







comments powered by Disqus
Al-Qur'an Online

Anda juga bisa menggunakan navigasi berdasarkan surat yang telah disediakan dibawah ini:

Audio Ceramah
Zina Menghapus Rezeki
KH. Yusuf Mansyur Zina Menghapus Rezeki
Rahasia Tenang Dunia Akhirat
K.H Abdullah Gymnastiar Rahasia Tenang Dunia Akhirat
Kun Fayakun
KH. Yusuf Mansyur Kun Fayakun
connect with abatasa