Or signin with
Logo Abatasa Logo Abatasa
Forgot password?
Belum Jadi Member
Daftar Sekarang
Pustaka » Sejarah » Nabi & Rasul » Nabi Idris as.
Nabi Idris as.
Nabi Idris as. adalah seorang nabi yang pandai menjahit, menunggang kuda, menulis, dan mengerti ilrnu perbintangan. Menurut beberapa riwayat, Nabi Idris as. hidup di Mesir. Dakwahnya mengajak umat manusia bertauhid dan ....
Jum'at, 04 November 2011

Nabi Idris as.

Di antara anak cucu Adam terdapat salah satu suku yang sesat. Mereka berasal dari garis keturunan Qobil. Guna meluruskan mereka, Allah mengutus Nabi Idris as. Ia merupakan keturunan keenam dari Nabi Adam as. Selisih waktu antara Nabi Adam as, dan nabi Idris as. sekitar enam abad. "Dan ceritakanlah (Muhammad) kisah Idris di dalam Kitab (Al-Qur’an). Sesungguhnya dia seorang yang sangat mencintai kebenaran dan seorang nabi." (QS. 19/Maryam: 56)

Nabi Idris as. adalah seorang nabi yang pandai menjahit, menunggang kuda, menulis, dan mengerti ilrnu perbintangan. Menurut beberapa riwayat, Nabi Idris as. hidup di Mesir. Dakwahnya mengajak umat manusia bertauhid dan menyembah Allah SWT, mengalami kegagalan. Ia wafat pada usia 82 tahun, dan Allah SWT mengangkat beliau ke tempat yang lebih tinggi.


"Dan Kami telah mengangkatnya ke martabat yang tinggi." (QS. 19/1 Maryam: 57)

Nabi Nuh as.

Beberapa abad sepeninggal Nabi Idris as., ada lima pemuka I masyarakat yang sangat bijak dan terpandang. Mereka ialahI wadd, suwa’, yaghuts, ya’uq, dan nasar. Setelah kelima orang itu meninggal, untuk mengenang jasa-jasa mereka, masyarakait mengabadikannya dalam bentuk patung yang akhirnya dijadikan! sesembahan. Mereka berkata, "Jangan sekali-kali kamu meninggalku tuhan-tuhan kamu, dan jangan kamu tinggalkan (berhala-berhali wadd, suwa’, yaghuts, ya’ucj, dan nasar." (QS. 71/Nuh: 23)

Pada masa itulah untuk pertama kalinya manusia menyem­bah berhala. Guna menyelamatkan mereka dari kesesatan,Al lah SWT mengutus Nabi Nuh as. Ia adalah keturunan kesembilan dari Nabi Adam as. Dan sungguh, Kami telah mengutus Nuh kepd kaumnya, lalu dia berkata, "Wahai kaumku, sembahlah Allah, (karrn tidak ada Tuhan bagimu selain Dia. Maka mengapa kamu tiii bertakwa?" Maka berkatalah para pemuka orang kafir dari kauiinw "Orang ini tidak lain hanyalah manusia seperti kamu, yang itm menjadi orang lebih mulia dari kamu. Dan seandainya Allni menghendaki, niscaya Dia mengutus malaikat. Belum pernah km mendengar (seruan yang seperti) ini pada (masa) nenek moyangku dulu" (QS. 23/Al-Mu’minun: 23-24)

Menurut Al-Qur’an usia Nabi Nuh as. mencapai 950 tahun Ia diangkat menjadi rosul pada usia 480 tahun. Berarti sekitz 500 tahun Nabi Nuh berusaha menyadarkan kaumnya, namu boleh dibilang tidak berhasil. Dalam waktu selama itu, jumlal pengikutnya hanya antara 70 sampai 80 orang.

(Nuh as.) berdoa, "Ya Tuhanku, tolonglah aku karena meri mendustakanku," (QS. 23/Al-Mu’minun: 26) Lalu Allah SK memerintahkan Nabi Nuh dan pengikutinya membuat kapa. Setelah kapal itu jadi Allah memerintahkan agar Nabi Nuha dan pengikutnya menaiki kapal tersebut berikut hewan terna mereka dan segala macam barang yang mereka butuhka: Setelah itu Allah menenggelamkan orang-orang zalim darium:

Nabi Nuh as. dalam banjir bandang. "Ingatlah kaum Nuh, ketika mereka mendustakan rosul-rosul, lalu mereka Kami tenggelamkan dan kami jadikan mereka sebagai pengajaran kepada manusia. Dan Kami sediakan azab yang pedih bagi orang-orang zalim." (QS. 25/ATFurqon: 37)

Nabi Nuh as. dikarunia dua orang anak lelaki, ialah Sam, dan Yapis. Putra kedua nabi Nuh as termasuk yang tidak mau diajak naik ke kapal ketika banjir menenggelamkan orang-or­ang kafir.







comments powered by Disqus
Al-Qur'an Online

Anda juga bisa menggunakan navigasi berdasarkan surat yang telah disediakan dibawah ini:

Audio Ceramah
Zina Menghapus Rezeki
KH. Yusuf Mansyur Zina Menghapus Rezeki
Rahasia Tenang Dunia Akhirat
K.H Abdullah Gymnastiar Rahasia Tenang Dunia Akhirat
Kun Fayakun
KH. Yusuf Mansyur Kun Fayakun
connect with abatasa