Or signin with Logo Abatasa
Forgot password?
Belum Jadi Member
Daftar Sekarang
Pustaka » Sejarah » Ummul Mukminin Dan Putri-Putri Nabi SAW » Shofiah binti Huyai bin Akhthob
Shofiah binti Huyai bin Akhthob
Sebelum menjadi ummul mukminin, Shofiah pernah menikah dua kali. Pertama, dia menikah dengan Salam bin Musykam. Setelah diceraikan, dia menikah dengan Kinanah bin Rubai, pemilik benteng Yahudi "Qumus" yang terkenal ...
Kamis, 01 Desember 2011

Shofiah binti Huyai bin Akhthob

Dia adalah anak seorang pemimpin Yahudi Bani Quroizah, Huyai bin Akhthob. Dia juga keturunan dari Harun bin Imron, saudara Nabi Musa as.

Sebelum menjadi ummul mukminin, Shofiah pernah menikah dua kali. Pertama, dia menikah dengan Salam bin Musykam. Setelah diceraikan, dia menikah dengan Kinanah bin Rubai, pemilik benteng Yahudi "Qumus" yang terkenal amat kuat. Suami Shofiah gugur dalam Perang Khoibar ketika melawan kaum Muslim. Kekalahan Bani Quroizah dari Pasukan Muslimin, maka kemuliaan dan kekuasaan Shofiyah berakhir. Karena dia pun menjadi salah seorang tawanan perang kaum muslimin.

Nabi Muhammad Rosulullah saw. mengetahui keadaan Shofiyah yang terpukul dan menderita. Maka Shofiah yang semula termasuk tawanan perang milik Dihyah Al-Kalbi, lalu Rosulullah saw. memberikan tawanan lain kepada Dihyah sebagai gantinya. Lalu beliau menawarkan kepadanya untuk memilih antara masuk Islam dan beliau nikahi atau tetap beragama Yahudi dan dibebaskan. Shofiah memilih masuk Is­lam dan menjadi istri beliau. Setelah menjadi ummul mukminin terangkatlah kembali martabatnya, dan orang-orang musyrik Khoibar masuk Islam.

Suatu ketika Nabi saw. bersabda kepadanya, "Ayahmu seorang Yahudi yang paling keras memusuhiku, hingga Allah membinasakannya." Shofiah menjawab, "Ya Rosulullah, sungguh Allah berfirman dalam Kitab-Nya, bahwa seseorang tidak menanggung dosa orang lain."

Pada waktu yang lain Nabi saw. pernah mendapati Shofiah sedang menangis, maka bertanyalah beliau tentang penyebab kesedihannya. Shofiah pun mengadu, "Aku mendengar Aisyah dan Hafshoh mengatakan bahwa mereka berdua lebih baik dari aku." Dengan lembut dan penuh rasa kasih Nabi Muhammad Rosulullah saw. bersabda, "Kenapa tidak engkau tanyakan, bagaimana mereka bisa lebih baik darimu? (Seharusnya) Katakanlah Ayahku Harun, pamanku Musa, dan suamiku Muhammad saw."


Anda akan menikah? buat website pernikahan anda yang dapat anda gunakan untuk undangan online atau informasi pernikahan anda, Gratis hanya di WebNikah.com.
Atau anda mempunyai bisnis dan usaha dalam layanan wedding seperti wedding organizer, Fotografi, Makeup atau fotografi, Gabung juga sebagai Vendor di Webnikah.com dan promosikan layanan anda. Daftarkan Wedding Service anda di Vendor WebNikah.com







comments powered by Disqus
Al-Qur'an Online

Anda juga bisa menggunakan navigasi berdasarkan surat yang telah disediakan dibawah ini:

Audio Ceramah
Zina Menghapus Rezeki
KH. Yusuf Mansyur Zina Menghapus Rezeki
Rahasia Tenang Dunia Akhirat
K.H Abdullah Gymnastiar Rahasia Tenang Dunia Akhirat
Kun Fayakun
KH. Yusuf Mansyur Kun Fayakun
connect with abatasa