Or signin with Logo Abatasa
Forgot password?
Belum Jadi Member
Daftar Sekarang
Pustaka » Sejarah » Ummul Mukminin Dan Putri-Putri Nabi SAW » Putri-Putri Muhammad Rosulullah SAW.
Putri-Putri Muhammad Rosulullah SAW.
Anak-anak Rosulullah saw. yang hidup hingga dewasa dan berkeluarga semuanya putri, ialah Zainab, Ruqoyyah, Ummi Kultsum, dan Fatimah Az-Zahro. Di antara empat putri beliau yang paling terkenal di dunia Islam ialah Fatimah...
Kamis, 08 Desember 2011

Putri-Putri Muhammad Rosulullah SAW.

Anak-anak Rosulullah saw. yang hidup hingga dewasa dan berkeluarga semuanya putri, ialah Zainab, Ruqoyyah, Ummi Kultsum, dan Fatimah Az-Zahro. Di antara empat putri beliau yang paling terkenal di dunia Islam ialah Fatimah Az-Zahro.

Berikut sekelumit keterangan tentang keempat putri Rosulullah saw. tersebut.

  • Zainab bin binti Muhammad bin Abdullah bin Abdul Mutholib. Dia lahir sepuluh tahun sebelum masa kenabian. Dia menikah dengan anak bibinya yang bernama Abu As bin Robi, yang masih berstatus kafir. Zainab dikarunia dua orang anak, yaitu Ali yang meninggal sewaktu masih belia, dan Ammah kelak menikah dengan Kholifah Ali bin Abu Tholib ra, setelah Fatimah Az-Zahro ra wafat.
  • Suarni Zainab, Abu As bin Robi pernah tertangkap tentara kaum muslimin pada perang Badar. Begitu pun pada saat penaklukan Kota Mekkah. Karena ia tetap kafir, maka Muhammad Rosulullah saw. memisahkan mereka dan berkata kepada Zainab, "Setiap anak pasti menghormati orang-tuanya Dan suamimu tidak berhak atas dirimu selama ia masih dalam keadaan syirik."
  • Ruqoyyah binti Muhammad bin Abdullah bin Abdul Mutholib. Dia lahir tiga tahun setelah kelahiran Zainab. Ruqoyyah menikah dengan Attabah bin Abi Lahab. Setelah turun ayat "Tabbat yada abi lahabiu iva tab (Binasalah kedua tangm Abu Lahab dan benar-benar binasa dia)". (QS. lll/Al-Lahab 1), marahlah Abu Lahab dan menyuruh putranya menceraikan Ruqoiyyah.
    Ruqoyyah menikah lagi dengan Utsman bin Affan ra. dan dikaruniai seorang anak bernama Abdullah yang meninggal dunia pada tahun ke-6 H. Ruqoyyah sendiri wafat pada tahuni ke-2 H karena penyakit campak, saat Nabi Muhammad Rosulullah saw. masih dalam Perang Badar.







comments powered by Disqus
Al-Qur'an Online

Anda juga bisa menggunakan navigasi berdasarkan surat yang telah disediakan dibawah ini:

Audio Ceramah
Zina Menghapus Rezeki
KH. Yusuf Mansyur Zina Menghapus Rezeki
Rahasia Tenang Dunia Akhirat
K.H Abdullah Gymnastiar Rahasia Tenang Dunia Akhirat
Kun Fayakun
KH. Yusuf Mansyur Kun Fayakun
connect with abatasa