Or signin with Logo Abatasa
Forgot password?
Belum Jadi Member
Daftar Sekarang
Pustaka » Tauhid » Kitab-Kitab Islam » 114 Surat itu...
114 Surat itu...
Penamaan "Al-Fatihah" (pembukaan), karena dengan surat inilah dibuka dan dimulainya Al-Qur’an. Dinamakan juga "Ummul Qur’an" (induk Al-Qur’an) atau "Ummul Kitab’’ (induk Al-Kitab) karena dia merupakan induk bagi semua isi ...
Senin, 30 Januari 2012

114 surat yang terdapat dalarn Al-Qur’an, sebagai berikut:

 1.      Al-Fatihah atau ummul Qur’an, surat Makiyyah, 7 ayat.

Penamaan "Al-Fatihah" (pembukaan), karena dengan surat inilah dibuka dan dimulainya Al-Qur’an. Dinamakan juga "Ummul Qur’an" (induk Al-Qur’an) atau "Ummul Kitab’’ (induk Al-Kitab) karena dia merupakan induk bagi semua isi Al-Qur’an, serta menjadi inti sari bagi kandungan Al-Qur’an, dan karena itu diwajibkan membacanya pada tiap-tiap sholat. Disebut pula "As-Sab’ul matsany" (tujuh yang berulang-ulang) karena jumlah ayatnya tujuh dan dibaca berulang-ulang dalam sholat.

2.      Al-Baqoroh (sapi betina), surat Madaniyah, 286 ayat.

Penamaan Al-Baqoroh karena di dalamnya terdapat kisah penyembelihan sapi betina yang diperintahkan Allah kepada Bani Israil (ayat 67 sampai dengan 74), dimana dijelaskan watak orang Yahudi pada umumnya. Dinamai juga "Futshothul-Qur- an" (puncak Al-Qur’an) karer a memuat beberapa hukum yang tidak disebutkan dalam surat lain. Disebut juga ’’alif-laam-miim" karena surat ini dimulai dengan Alif-laam-miim.

3.       Ali ’Imron (keluarga Imron), surat Madaniyah, 200 ayat.

Penamaan Ali ’Imron karena memuat kisah keluarga ’Imron yang di dalamnya disebutkan tentang kelahiran Isa as., persamaan kejadiannya dengan Nabi Adam as., kenabian dan beberapa mukjizatnya, serta disebut pula kelahiran Maryam, putri ’Imron, ibu nabi Isa as.

Surat Al-Baqoroh dan Ali ’Imron dinamakan "Az-Zahrowani" (dua yang cemerlang), karena kedua surat ini menyingkapkan hal-hal yang disembunyikan oleh para Ahli Kitab, seperti kejadian dan kelahiran Nabi ’Isa as., kedatangan Nabi Muhammad saw. dan sebagainya,

4.       An-Nisa’ (wanita-wanita), surat Madaniyah, 176 ayat.

Penamaan An-Nisa’ karena dalam surat ini banyak di­bicarakan hal-hal yang berhubungan dengan wanita serta merupakan surat yang paling banyak membicarakan hal itu dibanding dengan surat-surat yang lain. Surat lain yang banyak juga membicarakan tentang wanita adalah surat Ath-Tholaij. Dalam kaitan ini surat An Nisa’ biasa disebut "Surat An-Nisa’Al- Kubro" (surat An-Nisa’ yang besar), sedang surat Ath-Tholatj disebut "Surat An-Nisa’ Ash-Shugro" (surat An-Nisa’ yang kecil).

5.       Al-Maidah (hidangan), surat Madaniyah, 120 ayat.

Penamaan Al-Maidah, karena memuat kisah para pengikut setia Nabi Isa as. yang meminta kepada beliau agar Allah SWT menurunkan untuk mereka Al-Maidah (hidangan makanan) dari langit (ayat 112). Dinamakan juga "Al-ucjub" (perjanjian), karena kata itu terdapat pada ayat pertama surat ini, di mana Allah menyuruh agar hamba-hamba-Nya memenuhi janji setia terhadap Allah dan semua perjanj lan yang mereka buat dengan sesamanya.







comments powered by Disqus
Al-Qur'an Online

Anda juga bisa menggunakan navigasi berdasarkan surat yang telah disediakan dibawah ini:

Audio Ceramah
Zina Menghapus Rezeki
KH. Yusuf Mansyur Zina Menghapus Rezeki
Rahasia Tenang Dunia Akhirat
K.H Abdullah Gymnastiar Rahasia Tenang Dunia Akhirat
Kun Fayakun
KH. Yusuf Mansyur Kun Fayakun
connect with abatasa