Or signin with Logo Abatasa
Forgot password?
Belum Jadi Member
Daftar Sekarang
Pustaka » Tauhid » Kitab-Kitab Islam » Al-Hijr
Al-Hijr
Nama surat ini diambil dari nama daerah pegunungan itu, berhubung nasib penduduknya, yaitu kaum Tsamud diceritakan pada ayat 80 sampai 84. Mereka telah dimusnahkan Allah SWT karena mendustakan Nabi Sholeh as. dan berpaling d
Senin, 30 Januari 2012
Tulisan Terkait

15.  Al-Hijr (batu gunung/nama sebuah pegunungan), surat Makkiyah, 99 ayat

Nama surat ini diambil dari nama daerah pegunungan itu, berhubung nasib penduduknya, yaitu kaum Tsamud diceritakan pada ayat 80 sampai 84. Mereka telah dimusnahkan Allah SWT karena mendustakan Nabi Sholeh as. dan berpaling dari ayat- ayat Allah. Dalam surat ini terdapat juga kisah-kisah kaum lainnya yang telah dibinasakan oleh Allah seperti kaum Luth as. dan kaum Syu’aib as. Dari semua kisah itu dapat diambil pelajaran bahwa orang-orang yang menentang ajaran para rosul akan mengalami kehancuran

16.  An-Nahl (lebah), surat makkiyah, 128 ayat

Penamaan An-Nahl karena dalam ayat 68 terdapat firman Allah SWT, yang artinya: "Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah".

Lebah adalah mahluk Allah yang banyak memberi manfaat dan kenikmatan kepada manusia. Ada persamaan antara madu yang dihasilkan oleh lebah dengan Al-Qur’anul Karim, Madu berasal dari bermacam-macam sari bunga dan dia menjadi obat dari bermacam-macam penyakit manusia (lihat ayat 69). Sedang Al-Qur’an mengandung inti sari dari kitab-kitab yang telah diturunkan kepada Nabi-nabi zaman dahulu ditambah dengan ajaran-ajaran yang diperlukan oleh semua bangsa sepanjang masa untuk memperoleh kebahagiaan cunia dan akhirat (lihat QS. 10/Yunus: 57 dan QS. 17/Al-Isro’: 82). Surat ini dinamakan juga An-Ni’am (nikmat-nikmat) karena di dalamnya Allah menyebutkan berbagai macam nikmat untuk hamba-hamba- Nya.

17.  Al-Isro’ (memperjalankan di malam hari), surat Makkiyah, 111 ayat

Penamaan Al-Isro berkaitan dengan peristiwa Isro’ Nabi Muhammad saw. dari Masjidil Haram di Mekah ke Masjidil Aqsho di Baitul Maqdis tercantum pada ayat pertamanya. Penuturan cerita Isro’ pada permulaan surat ini, mengandung isyarat bahwa Nabi Muhammad saw. beserta umatnya kemudian hari akan mencapai martabat yang tinggi dan akan menjadi umat yang besar.

Surat ini dinamakan pula dengan "Bani Israil" (keturunan Israil) berhubung dalam ayat 2 sampai 8 dan akhir surat ini ayat 101 sampai 104, Allah menyebutkan tentang Bani Israil yang setelah menjadi bangsa yang kuat lagi besar lalu menjadi bangsa yang terhina karena menyimpang dari ajaran Allah SWT. Dihubungkannya kisah "Isro" dengan riwayat Bani Israil pada surat ini, memberikan peringatan bahwa umat Islam akan mengalami keruntuhan, sebagaimana halnya Bani Israil, apabila mereka juga meninggalkan ajaran-ajaran agamanya.

18.   Al-Kahfi (gua), surat Makkiyah, 110 ayat

Nama Al-Kahfi dan "Ashhabul Kahfi" (penghuni-penghuni I gua) diambil dari cerita yang terdapat dalam surat ini, (ayat9-1 26), tentang beberapa orang yang tidur dalam gua bertahun-1 tahun lamanya. Selain cerita tersebut, dalam surat ini terdapat I pula beberapa kisah yang kesemuanya mengandung I’tibarm I pelajaran yang amat berguna bagi kehidupan manusia. Banyak I hadits Rosulullah saw. yang menyatakan keutamaan membaca I surat ini.







comments powered by Disqus
Al-Qur'an Online

Anda juga bisa menggunakan navigasi berdasarkan surat yang telah disediakan dibawah ini:

Audio Ceramah
Zina Menghapus Rezeki
KH. Yusuf Mansyur Zina Menghapus Rezeki
Rahasia Tenang Dunia Akhirat
K.H Abdullah Gymnastiar Rahasia Tenang Dunia Akhirat
Kun Fayakun
KH. Yusuf Mansyur Kun Fayakun
connect with abatasa