Or signin with Logo Abatasa
Forgot password?
Belum Jadi Member
Daftar Sekarang
Pustaka » Tauhid » Malaikat » Sepuluh Malaikat Dan Tugas Masing-Masing
Sepuluh Malaikat Dan Tugas Masing-Masing
Hakim bin Hazam memberitahukan, ketika Rosulullah saw. berada di antara sahabatnya, beliau bertanya, "Apakah kalian mendengar apa-apa yang aku dengar?" Mereka menjawab, "Kami tidak mendengar apa pun. " Beliau bersabda, ...
Sabtu, 10 Maret 2012
Tulisan Terkait

Berapakah jumlah malaikat seluruhnya? Sejauh ini baik Al-Qur`an maupun hadits tidak menyebutkan jumlah malaikat secara pasti. Tetapi tidak mustahil jumlah mereka mencapai ribuan atau bahkan jutaan. Hal ini tersirat dari beberapa hadits berikut ini. Hakim bin Hazam memberitahukan, ketika Rosulullah saw. berada di antara sahabatnya, beliau bertanya, "Apakah kalian mendengar apa-apa yang aku dengar?" Mereka menjawab, "Kami tidak mendengar apa pun." Beliau bersabda, "Sungguh aku sedang mendengar bunyi derap langkah dari langit yang tidak pernah berhenti, sedangkan di sana tidak ada sejengkal pun tempat, kecuali ditempati oleh malaikat yang bersujud, atau berdiri." (HR. Thobroni)

Dalam hadits yang menerangkan tentang Isro` Mi`roj, Nabi Muhammad saw. antara lain menerangkan, "Kemudian aku dinaikkan ke Baitul Makmur, dan tiba-tiba aku menemukan pada setiap hari tempat itu dimasuki 70000 (tujuh puluh ribu) malaikat." (HR. Bukhori Muslim) Kelak juga ada tujuh puluh ribu malaikat yang menyeret manusia ke neraka Jahanam. Ibnu Mas`ud menceritakan, Muhammad Rosulullah saw. bersabda, "Pada hari itu akan dimasukkan ke dalam jahanam 70.000 (tujuh puluh ribu) kelompok orang yang berdesakan. Dalam setiap kelompok itu terdapat 70000 (tujuh puluh ribu) malaikat yang menyeret." (HR. Muslim dan Tirmidzi)

Yang mengetahui secara pasti jumlah malaikat hanyalah Allah SWT. "Dan tidak ada yang mengetahui bala tentara Tuhanmu, kecuali Diasendiri." (QS. 74/Al-Muddatstsir: 31)

Berikut kami uraikan sepuluh nama malaikat dan tugas mereka masing-masing.

Jibril as. mengepalai seluruh malaikat. Ia memiliki beberapa nama lain, ialah Namus, Ruhul Amin (roh yang diberi kepercayaan) dan Roh Kudus (roh yang suci). Nabi Muhammad Rosulullah saw. pernah melihat rupa aslinya. "Sungguh dia (Muhammad) telah melihatnya (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain." (QS. 53/An-Najm: 13)

Malaikat Jibril as. juga pernah menampakkan diri menjadi seorang pria kepada ibunda Nabi Isa as. Ceritakanlah (Muhammad) kisah Maryam di dalam Kitab (Al-Qur`an), ketika ia mengasingkan diri dari keluarganya ke suatu tempat di sebelah timur (Baitulmaqdis), lalu dia memasang tabir (yang melindunginya) dari mereka, lantas Kami mengutus roh Kami (Jibril) kepadanya, maka dia menampakkan diri di hadapannya (dalam bentuk) manusia yang sempurna. Dia (Maryam) berkata, "Sungguh aku berlindung kepada Tuhan Yang Maha Pengasih terhadapmu, jika engkau orang yang bertakwa". Dia (Jibril) berkata, "Sungguh aku hanyalah utusan Tuhanmu, untuk menyampaikan anugerah kepadamu seorang anak lelaki yang suci." (QS. 19/ Maryam 16-19)

Malaikat Jibril as. bertugas menyampaikan wahyu dari Allah SWT kepada para nabi dan rosul. "(Dia-lah) Yang Mahatinggi Derajat-Nya, Yang memiliki `Arasy, yang menurunkan wahyu dengan perintah-Nya kepada siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya agar memperingatkan (manusia) tentang hari pertemuan (hari kiamat)." (QS. 40/Al-Mukmin: 15) Dia pula yang menyampaikan ayat-ayat Al-Qur`an kepada Muhammad Rosulullah saw. Katakanlah (Muhammad), "Barang siapa memusuhi Jibril, maka (ketahuilah) bahwa dialah yang telah menurunkan (Al-Qur`an) ke dalam hatimu dengan izin Allah, membenarkanapa (kitab-kitab) terdahulu, dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-or-ang yang beriman." (QS. 2/Al-Baqoroh: 97)







comments powered by Disqus
Al-Qur'an Online

Anda juga bisa menggunakan navigasi berdasarkan surat yang telah disediakan dibawah ini:

Audio Ceramah
Zina Menghapus Rezeki
KH. Yusuf Mansyur Zina Menghapus Rezeki
Rahasia Tenang Dunia Akhirat
K.H Abdullah Gymnastiar Rahasia Tenang Dunia Akhirat
Kun Fayakun
KH. Yusuf Mansyur Kun Fayakun
connect with abatasa