Or signin with Logo Abatasa
Forgot password?
Belum Jadi Member
Daftar Sekarang
Pustaka » Tauhid » Malaikat » Mikail as.
Mikail as.
"Ya Allah, Tuhannya Jibril, Mikail, dan Isrofil, Pencipta langit dan bumi. Yang Maha mengetahui yang gaib dan zhohir, Engkaulah yang menghukum di antara hamba-Mu pada apa-apa yang mereka perselisihkan, tunjukilah aku ...
Sabtu, 10 Maret 2012

Mikail as., adalah malaikat yang bertugas membagikan rezeki kepada seluruh makhluk Allah SWT. "Barang siapa menjadi musuh Allah, malaikat-malaikat-Nya, rosul-rosul-Nya, Jibril dan Mikail, maka sesungguhnya Allah musuh bagi orang-orang kafir." (QS. 2/Al-Baqoroh: 98)

Malaikat Mikail as. juga kerap mendampingi malaikat Jibril as. melaksanakan tugas-tugasnya, antara lain:

  • sewaktu Jibril as. membedah dada Nabi Muhammad saw., Malaikat Mikail as. yang mengambil air zamzam untuk mencuci hati beliau.
  • Mendampingi Malaikat Jibril as. mengantarkan Nabi Muhammad saw. melakukan isro’ mi’roj.

Izroil as., adalah malaikat yang bertugas mencabut ruh (nyawa) semua makhluk Allah SWT. termasuk mencabut nyawa para malaikat, dan kelak mencabut nyawanya sendiri. Karena itu dia mendapat julukan "malaikat maut", yang mengantarkan kematian. Tentu saja tugas tersebut dia lakukan setelah mendapat perintah dari Allah SWT. "Demi (malaikat) yang mencabut (nyawa) dengan keras, dan demi (malaikat) yang mencabut (nyawa) dengan lemah-lembut." (QS. 79/An-Nazi’at: 1-2)

Isrofil as., adalah malaikat yang bertugas meniup sangkakala (terompet) pada saat tiba hari kiamat dan menjelang manusia dibangkitkan dari alam kubur kelak. ’’Dan sangkakala pun ditiup, maka matilah semua (makhluk) yang di langit dan di bumi kecuali mereka yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sekali lagi (sangkakala itu) maka seketika itu mereka bangun (dari kuburnya) menunggu (keputusan Allah)." (QS. 39/Az-Zumar: 68)

Dalam suatu doa, Nabi Muhammad saw. juga pernah menyebut nama Isrofil. "Ya Allah, Tuhannya Jibril, Mikail, dan Isrofil, Pencipta langit dan bumi. Yang Maha mengetahui yang gaib dan zhohir, Engkaulah yang menghukum di antara hamba-Mu pada apa-apa yang mereka perselisihkan, tunjukilah aku kebenaran dari apa-apa yang diperselisihkan dengan izin-Mu. Sesungguhnya Engkau menunjuki siapa saja yang Engkau kehendaki kepada jalan yang lurus." (HR. Muslim, Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi, dari Aisyah ra.)

Roqib as., adalah malaikat yang bertugas mencatat segala ucapan dan perbuatan baik manusia.

Atid as., adalah malaikat yang bertugas mencatat segala ucapan dan semua perbuatan jahat manusia. Tentang kedua malaikat ini, diterangkan dalam Al-Qur’an, "Sungguh bagi kamu ada (malaikat-malaikat) yang mengawasi (pekerjaanmu), yang mulia (di sisi Allah) dan mencatat (perbuatanmu), mereka mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS. 82/Al-Infithor: 10-12)







comments powered by Disqus
Al-Qur'an Online

Anda juga bisa menggunakan navigasi berdasarkan surat yang telah disediakan dibawah ini:

Audio Ceramah
Zina Menghapus Rezeki
KH. Yusuf Mansyur Zina Menghapus Rezeki
Rahasia Tenang Dunia Akhirat
K.H Abdullah Gymnastiar Rahasia Tenang Dunia Akhirat
Kun Fayakun
KH. Yusuf Mansyur Kun Fayakun
connect with abatasa