Or signin with Logo Abatasa
Forgot password?
Belum Jadi Member
Daftar Sekarang
Pustaka » Telaah » » Shalat Dhuha dan Sedekah; Dua Ikhtiar Terbaik Memanggil Kekayaan Finansial
Shalat Dhuha dan Sedekah; Dua Ikhtiar Terbaik Memanggil Kekayaan Finansial
Sebagai umat muslim, tidak patut kiranya jika kita menghalalkan segala cara dan menempuh jalan haram untuk mewujudkan impian serta harapan kita tersebut. Sebab, dalam Islam, sebenarnya telah diajarkan cara mendapatkan...
Kamis, 02 Oktober 2014

D. Shalat Dhuha dan Sedekah; Dua Ikhtiar Terbaik Memanggil Kekayaan Finansial

Allah Swt. berfirman dalam hadits Qudsi, "Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang (shalat Dhuha). Kelak, pasti akan Aku cukupkan keperluanmu pada petang harinya" (HR. Hakim dan Thabrani).

Selain itu, Rasulullah Saw.juga bersabda,"Tidaklah kamu diberi pertolongan dan rezeki, melainkan karena orang-orang lemah di kalangan kamu!" (HR. Bukhari).

Setiap orang tentu mendambakan kemapanan finansial dan bisa keluar dari kemiskinan yang menghimpit. Sebenarnya, ada banyak cara yang dapat kita gunakan untuk mewujudkan impian tersebut. Sebagaimana pepatah, banyak jalan menuju Roma. Begitu pun, ada banyak jalan menuju kaya. Sebagian dari kita mungkin ada yang menggunakan cara-cara yang benar, dan ada pula yang menghalalkan segala cara. Ada yang menempuh jalan yang halal, dan ada pula yang menempuh jalan haram.

Sebagai umat muslim, tidak patut kiranya jika kita menghalalkan segala cara dan menempuh jalan haram untuk mewujudkan impian serta harapan kita tersebut. Sebab, dalam Islam, sebenarnya telah diajarkan cara mendapatkan kekayaan yang benar dan tidak menyimpang. Ajaran dalam Islam ini, jika ditelaah lebih mendalam, ternyata bukan sepenuhnya karena persoalan akhirat (agar kita tidak masuk neraka), melainkan juga berkaitan dengan kesejahteraan dan kebijaksanaan dalam mencari rezeki di dunia.

Sebagai contoh, jika kita berbisnis, namun menipu orang lain, tentu saja yang rugi adalah orang lain. Bila kita ingin mendapatkan kekayaan dengan cara mencuri atau korupsi, pastinya yang dirugikan ialah orang lain atau pihak tertentu. Intinya, Islam mengajarkan agar dalam meraih kekayaan, kita mendapatkannya dengan jalan yang benar tanpa merugikan orang lain.

Semua orang pasti menginginkan menjadi kaya. Dan, berkeinginan menjadi orang kaya tidaklah salah. Sebab, pada dasarnya, setiap orang menginginkan kekayaan yang banyak atau melimpah. Meskipun, tidak jarang pula, ada sebagian orang yang tergoda untuk mendapatkan harta yang berlimpah, walaupun dengan menghalalkan segala cara, termasuk cara haram. Padahal, Islam menganjurkan kita untuk bertebaran di muka bumi demi mencari rezeki, berupa rezeki yang diridhai-Nya.

Islam menjelaskan bahwa agar kita bisa bahagia dengan kekayaan yang dimiliki, maka kita harus berusaha mencari rezeki dengan baik dan benar. Dan, Islam menganjurkan supaya kita melaksanakan shalat Dhuha dan menunaikan sedekah. Inilah dua ikhtiar terbaik untuk memanggil kekayaan finansial yang bisa mengantarkan kita hidup bahagia di dunia dan akhirat.

Kekayaan yang membahagiakan adalah kekayaan yang diridhai-Nya. Oleh karena itulah, sebelum kita menjadi orang yang kaya harta, alangkah baiknya jika kita sudah kaya iman, ilmu, dan akhlak, agar kekayaan yang dimiliki menjadi berkah sekaligus sebagai sarana untuk meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat. Sehingga, dua amalan, yakni shalat Dhuha dan sedekah, sangat relevan dengan kekayaan yang dapat mengantarkan kita bahagia. Jadi, yang terpenting di sini adalah cara kita menjadikan kekayaan sebagai alat untuk meraih kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.

Dengan ungkapan lain, untuk mendapatkan rezeki yang banyak dan melimpah serta bisa membahagiakan hidup kita di dunia dan akhirat, maka kita harus berupaya agar tidak hanya dengan bekerja keras, melainkan juga menguatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Islam pun menawarkan solusi terbaik bagi kita untuk dapat meraih rezeki yang banyak, yaitu memohon langsung kepada Allah Swt. dengan cara melakukan shalat Dhuha dan mengeluarkan sedekah.

Bersambung...







comments powered by Disqus
Al-Qur'an Online

Anda juga bisa menggunakan navigasi berdasarkan surat yang telah disediakan dibawah ini:

Audio Ceramah
Zina Menghapus Rezeki
KH. Yusuf Mansyur Zina Menghapus Rezeki
Rahasia Tenang Dunia Akhirat
K.H Abdullah Gymnastiar Rahasia Tenang Dunia Akhirat
Kun Fayakun
KH. Yusuf Mansyur Kun Fayakun
connect with abatasa